Sewindu Miskel, Bukan Miskel Biasa

Hai OMK! Pernah denger istilah “miskel”? Kalau ada yang belum tau, miskel itu singkatan dari misa keliling. Jadi, misanya sambil keliling? Betul. Tapi lebih tepatnya mengadakan dan melakukan misa diberbagai tempat secara bergilir. Awalnya, miskel dipelopori oleh RD. Sheko Swandi M.B (per tanggal artikel ini diterbitkan, beliau masih menjadi Ekonom Keuskupan Purwokerto). Kegiatan ini sempat vakum, namun sekitar tahun 2009 mulai rutin dilakukan lagi sampai sekarang. Miskel merupakan salah satu agenda rutin OMK Keuskupan Purwokerto, khususnya dekanat selatan. Gombong, Cilacap, Majenang, Kebumen, Sidareja, Karanganyar, dan Kroya merupakan paroki-paroki yang masuk dalam cakupan dekanat selatan. Asyiknya, miskel ini ga bikin bosen dan ngantuk, karena dikemas secara ajaib dan kreatif. Masing-masing paroki yang menjadi tuan rumah akan membuat miskel yang berbeda dengan sebelumnya, jadi ga akan sama. Contohnya miskel di Sidareja yang mengambil tema “Upgrade Kasihmu, Download Imanmu”. Materi yang disampaikan tentang bagaimana seharusnya orang muda menggunakan sosial media. Beda lagi saat Gombong menjadi tuan rumah. Tema yang diusung adalah “Be Shine and Be A Leader with Christ“. Kegiatan miskel di Gombong dipadukan dengan kegiatan LDK, karena materi yang ingin disampaikan tentang kepemimpinan. Selanjutnya, kapan miskel mau diadakan lagi? Nah, ini nih yang paling ditunggu-tunggu! Karena dipenghujung tahun ini miskel berusia sewindu alias 8 tahun, maka tema miskel kali ini adalah “Sewindu Miskel, Bukan Miskel Biasa”. Yap! Bukan miskel biasa, karena di miskel besok akan ada kirab budaya, flashmob, talkshow, dan lain-lain. Ditambah dengan adanya orang muda jaman sekarang sudah banyak yang merintis usaha atau bisnis, maka teman-teman akan disuguhi materi tentang kewirausahaan. Kalian ga cuma duduk bengong sambil ngantuk dengerin narasumber ngomong, tapi teman-teman bakal diajak untuk exposure ke home industry. Seru kan? Apalagi acara besok diadakan di kota yang terkenal dengan sale pisang dan jenang/dodolnya, Majenang! Acaranya diadakan tanggal 28-30 Desember 2017. Aduh min, aku pengin ikutan nih, tapi parokinya bukan termasuk dekanat selatan, gimana dong? Tenang tenang. Bisa kok ikutan. Caranya tinggal daftar dan kasih kotribusi sebesar Rp 30.000,00 aja. Tunggu apa lagi? Yuk join! Sampai ketemu di Majenang!

#MiskelMajenang2017 Teaser Sewindu Miskel Bukan Miskel Biasa 2017 – YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *