SamBat: Sambut Sahabat FKMKKP

SAMBAT tahun ini diadakan di Wisma Pentingsari, wisma milik Universitas Sanata Dharma. Acara dimulai pada hari Sabtu, 31 Oktober 2015 hingga Minggu, 1 November 2015. SAMBAT kali ini diikuti oleh 35 peserta dan 30 panitia ditambah dengan frater pendamping FKMKKP (Forum Komunikasi Mahasiswa-i Katolik Keuskupan Purwokerto) 2015/2015, saya, Fr. Petrik dan Fr. Erri. Sebenarnya, jumlah peserta yang mendaftar ada 44 orang, akan tetapi ternyata sembilan orang tidak datang karena menjadi panitia Dies Natalis USD dan juga mengikuti kegiatan di kampus masing-masing. Dari 35 peserta tersebut, ada dua orang mahasiswa berasal dari Medan, dua orang berasal dari Palembang, dan satu orang dari Jakarta. Selebihnya, semua peserta berasal dari beberapa paroki di Keuskupan Purwokerto. Hal tersebut membuat kami, panitia SAMBAT 2015, merasa bersyukur bahwa FKMKKP pun diminati oleh mahasiswa-mahasiswi dari keuskupan lain di luar Jawa. Terlebih dari itu, ada dua peserta yang hadir dari ATMI Surakarta yang memang berasal dari Gombong dan Cilacap. Hal ini juga menjadi penyemangat bagi kami untuk melebarkan sayap FKMKKP ke Solo dan juga mungkin ke Semarang.

SAMBAT 2015 mengambil tema “WE LIVE IN CHRIST, WE’RE LOVED OF CHRIST” di mana menggali semangat hidup di dalam Kristus karena telah dicintai. Tema tersebut dihidupi dengan berbagai game yang tujuannya selain untuk membangun persaudaraan dan semangat kekeluargaan, juga ingin menggali motivasi diri menjadi murid-murid Kristus.

Sabtu, 31 Oktober 2015, para peserta dan panitia tiba di Wisma Pentingsari pukul 11.00 dilanjutkan dengan pembagian kamar, ucapan selamat datang, perkenalan jingle SAMBAT, dan perkenalan peserta. Setelah makan siang, peserta diajak untuk mengenali FKMKKP dan sejarahnya oleh Fr. Erri. Setelah itu, peserta dibagi menjadi empat kelompok untuk berdiskusi tentang tampilan pensi setiap kelompok. Sebelum pensi dimulai, para peserta diajak untuk bermain dalam “NOCTURNAL GAME”, game yang diadakan di enam pos dalam kondisi gelap. Salah satu pos dari game tersebut adalah pos Motivasi diri, di mana para peserta diajak untuk menggali simbol diri dan menyemangati satu sama lain untuk semakin berkobar dalam hidup dengan menjadi murid-murid Kristus. Nocturnal Game ditutup dengan upacara pembasuhan kaki dari peserta dan panitia sebagai bentuk pelayanan, cinta kasih, dan permohonan maaf. Setelah itu, dilanjutkan dengan PENSI atau pentas seni dan api unggun dari setiap kelompok dan panitia.

Minggu, 1 November 2015, para peserta mengadakan meditasi alam pukul 05.30-06.00. Setelah meditasi, peserta mendapatkan briefing untuk outbound. Outbound diadakan di sekitar Desa Pentingsari mulai pukul 06.30-10.30. Pulang outbound peserta mandi lalu makan siang. Setelah makan siang, semua peserta dibagi menjadi empat basis, sesuai dengan basis yang ada di FKMKKP, yaitu Basis Mrican (mahasiswa yang kuliah di kampus USD Mrican), Basis Paingan (mahasiswa yang kuliah di kampus USD Paingan), Basis Campuran (mahasiswa yang kuliah di UGM, UNY, UKSW, ATMI Surakarta), dan Basis Babarsari (mahasiswa yang kuliah di ATMAJAYA, INSTIPER, STIPRAM, AMPTA). Dalam basis, mereka merencanakan kegiatan basis selama setahun ke depan. Beberapa di antara mereka merencanakan ziarah, doa bersama, dan ngamen. Acara dilanjutkan dengan Ibadat Sabda yang dipimpin oleh Fr. Petrik. Lalu ditutup dengan makan siang. Acara selesai pukul 15.00 dan panitia pulang dari Wisma Pentingsari pukul 16.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *